Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Online Shop Coffee Maker Di Seruway, Aceh Tamiang

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Online Shop Coffee Maker Di Seruway, Aceh Tamiang


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Online Shop Coffee Maker Di Seruway, Aceh Tamiang - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Online Shop Coffee Maker Di Seruway, Aceh Tamiang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun ciri khusus paling gamblang yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi dalam website Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Online Shop Coffee Maker Di Seruway, Aceh Tamiang, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments