Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batuan, Sumenep

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batuan, Sumenep


Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batuan, Sumenep - Meski kian banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengerti karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batuan, Sumenep


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah di web Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batuan, Sumenep, moga-moga bermakna.

0 comments