Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Penjual Coffee Maker di Jumantono, Karanganyar

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Penjual Coffee Maker di Jumantono, Karanganyar


Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Penjual Coffee Maker di Jumantono, Karanganyar - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, area penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Penjual Coffee Maker di Jumantono, Karanganyar


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di website Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Penjual Coffee Maker di Jumantono, Karanganyar, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments