Khasiat Kopi Hijau Alana – Penjual Mesin Coffee Maker di Hili Serangkai, Nias

Khasiat Kopi Hijau Alana – Penjual Mesin Coffee Maker di Hili Serangkai, Nias



Khasiat Kopi Hijau Alana – Penjual Mesin Coffee Maker di Hili Serangkai, Nias - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Alana – Penjual Mesin Coffee Maker di Hili Serangkai, Nias


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan di halaman Khasiat Kopi Hijau Alana – Penjual Mesin Coffee Maker di Hili Serangkai, Nias, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments