Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Coffee Maker di Sukaresmi, Garut

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Coffee Maker di Sukaresmi, Garut


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Coffee Maker di Sukaresmi, Garut - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Coffee Maker di Sukaresmi, Garut


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun kekhasan paling gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah di halaman Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Coffee Maker di Sukaresmi, Garut, mudah-mudahan berguna.

0 comments