Khasiat Kopi Hijau Nareena – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli


Khasiat Kopi Hijau Nareena – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah tahu keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran nilainya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun kekhasan paling gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam website Khasiat Kopi Hijau Nareena – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli, moga-moga bermanfaat.

0 comments