Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Parit Malintang

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Parit Malintang


Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Parit Malintang - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Parit Malintang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi dalam web Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Parit Malintang, semoga ada gunanya.

0 comments