Khasiat Kopi Hijau Qalam – Jual Pembuat Kopi di Singkut, Sarolangun

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Jual Pembuat Kopi di Singkut, Sarolangun



Khasiat Kopi Hijau Qalam – Jual Pembuat Kopi di Singkut, Sarolangun - Meski kian banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Jual Pembuat Kopi di Singkut, Sarolangun


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di blog Khasiat Kopi Hijau Qalam – Jual Pembuat Kopi di Singkut, Sarolangun, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments