Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sangatta

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sangatta



Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sangatta - Meski makin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah paham karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sangatta


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan dalam blog Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Sangatta, semoga berpengaruh.

0 comments