Khasiat Kopi Pahit – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bayang, Pesisir Selatan

Khasiat Kopi Pahit – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bayang, Pesisir Selatan


Khasiat Kopi Pahit – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bayang, Pesisir Selatan - Kendati kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bayang, Pesisir Selatan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah dalam blog Khasiat Kopi Pahit – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bayang, Pesisir Selatan, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments