Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pule, Trenggalek

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pule, Trenggalek


Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pule, Trenggalek - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pule, Trenggalek


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi dalam blog Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pule, Trenggalek, moga-moga berpengaruh.

0 comments