Macam Kopi Aceh – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Puncak

Macam Kopi Aceh – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Puncak


Macam Kopi Aceh – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Puncak - Walaupun kian berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah tahu ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Aceh – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Puncak


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama.

Adapun kekhasan paling mencolok ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam blog Macam Kopi Aceh – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Puncak, semoga berguna.

0 comments