Macam Kopi Di Starbucks – Jual Pembuat Kopi Di Kesambi, Cirebon

Macam Kopi Di Starbucks – Jual Pembuat Kopi Di Kesambi, Cirebon



Macam Kopi Di Starbucks – Jual Pembuat Kopi Di Kesambi, Cirebon - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah paham ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki wujud bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Di Starbucks – Jual Pembuat Kopi Di Kesambi, Cirebon


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel dalam website Macam Kopi Di Starbucks – Jual Pembuat Kopi Di Kesambi, Cirebon, mudah-mudahan bermakna.

0 comments