Macam Kopi Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi di Grogol, Kediri

Macam Kopi Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi di Grogol, Kediri


Macam Kopi Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi di Grogol, Kediri - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai tipenya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi di Grogol, Kediri


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan dalam web Macam Kopi Nusantara – Online Shop Pembuat Kopi di Grogol, Kediri, semoga berpengaruh.

0 comments