Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Taman, Pemalang

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Taman, Pemalang



Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Taman, Pemalang - Biar semakin banyak pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah tahu karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Taman, Pemalang


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun keunikan paling gamblang ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan dalam website Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Penjual Mesin Coffee Maker di Taman, Pemalang, semoga ada gunanya.

0 comments