Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Kaliwungu, Semarang

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Kaliwungu, Semarang


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Kaliwungu, Semarang - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Kaliwungu, Semarang


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun kekhasan paling jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel dalam blog Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Kaliwungu, Semarang, mudah-mudahan bermakna.

0 comments