Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi di Gebang, Purworejo

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi di Gebang, Purworejo


Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi di Gebang, Purworejo - Biar makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah paham kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi di Gebang, Purworejo


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di blog Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi di Gebang, Purworejo, semoga ada gunanya.

0 comments