Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Coffee Maker di Barata Jaya

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Coffee Maker di Barata Jaya


Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Coffee Maker di Barata Jaya - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua sudah tahu keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Coffee Maker di Barata Jaya


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel di website Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Coffee Maker di Barata Jaya, semoga ada manfaatnya.

0 comments