Manfaat Ampas Kopi Untuk Kecantikan – Toko Pembuat Kopi Di Rambang Dangku, Muara Enim

Manfaat Ampas Kopi Untuk Kecantikan – Toko Pembuat Kopi Di Rambang Dangku, Muara Enim



Manfaat Ampas Kopi Untuk Kecantikan – Toko Pembuat Kopi Di Rambang Dangku, Muara Enim - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah tahu kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Ampas Kopi Untuk Kecantikan – Toko Pembuat Kopi Di Rambang Dangku, Muara Enim


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun keunikan paling menonjol yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di web Manfaat Ampas Kopi Untuk Kecantikan – Toko Pembuat Kopi Di Rambang Dangku, Muara Enim, semoga ada manfaatnya.

0 comments