Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Kios Coffee Maker Di Karang Pilang

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Kios Coffee Maker Di Karang Pilang



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Kios Coffee Maker Di Karang Pilang - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Kios Coffee Maker Di Karang Pilang


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya gamblang yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di halaman Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Kios Coffee Maker Di Karang Pilang, mudah-mudahan berguna.

0 comments