Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Sanggau Ledo, Bengkayang

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Sanggau Ledo, Bengkayang



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Sanggau Ledo, Bengkayang - Meski semakin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Sanggau Ledo, Bengkayang


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling eksplisit adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam blog Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Sanggau Ledo, Bengkayang, semoga ada manfaatnya.

0 comments