Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Pembuat Kopi di Kawali, Ciamis

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Pembuat Kopi di Kawali, Ciamis



Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Pembuat Kopi di Kawali, Ciamis - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah paham ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Pembuat Kopi di Kawali, Ciamis


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di halaman Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Pembuat Kopi di Kawali, Ciamis, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments