Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Coffee Maker di Kramat, Tegal

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Coffee Maker di Kramat, Tegal



Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Coffee Maker di Kramat, Tegal - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah tahu kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Coffee Maker di Kramat, Tegal


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam halaman Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Coffee Maker di Kramat, Tegal, moga-moga bermanfaat.

0 comments