Manfaat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi di Kaloran, Temanggung

Manfaat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi di Kaloran, Temanggung


Manfaat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi di Kaloran, Temanggung - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah paham karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi di Kaloran, Temanggung


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama.

Adapun ciri khas paling eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi dalam web Manfaat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi di Kaloran, Temanggung, semoga ada manfaatnya.

0 comments