Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Jual Coffee Maker Di Tembok Dukuh

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Jual Coffee Maker Di Tembok Dukuh


Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Jual Coffee Maker Di Tembok Dukuh - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah paham keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Jual Coffee Maker Di Tembok Dukuh


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi di web Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Jual Coffee Maker Di Tembok Dukuh, mudah-mudahan bermakna.

0 comments