Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Pembuat Kopi Di Anak Ratu Aji, Lampung Tengah

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Pembuat Kopi Di Anak Ratu Aji, Lampung Tengah


Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Pembuat Kopi Di Anak Ratu Aji, Lampung Tengah - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Pembuat Kopi Di Anak Ratu Aji, Lampung Tengah


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya kentara adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam halaman Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Pembuat Kopi Di Anak Ratu Aji, Lampung Tengah, mudah-mudahan bermakna.

0 comments