Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Omben, Sampang

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Omben, Sampang


Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Omben, Sampang - Meski kian banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kamu semua telah tahu kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Omben, Sampang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah di website Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Omben, Sampang, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments