Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Kios Pembuat Kopi di Kec. Cibeunying Kaler

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Kios Pembuat Kopi di Kec. Cibeunying Kaler



Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Kios Pembuat Kopi di Kec. Cibeunying Kaler - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, lokasi peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Kios Pembuat Kopi di Kec. Cibeunying Kaler


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam blog Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Kios Pembuat Kopi di Kec. Cibeunying Kaler, moga-moga berguna.

0 comments