Manfaat Kopi Untuk Kulit Berminyak – Toko Online Pembuat Kopi di Pekuncen, Banyumas

Manfaat Kopi Untuk Kulit Berminyak – Toko Online Pembuat Kopi di Pekuncen, Banyumas



Manfaat Kopi Untuk Kulit Berminyak – Toko Online Pembuat Kopi di Pekuncen, Banyumas - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengetahui kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Berminyak – Toko Online Pembuat Kopi di Pekuncen, Banyumas


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun keunikan paling menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah dalam blog Manfaat Kopi Untuk Kulit Berminyak – Toko Online Pembuat Kopi di Pekuncen, Banyumas, mudah-mudahan berguna.

0 comments