Manfaat Kopi Untuk Wajah Dan Rambut – Toko Coffee Maker di Tembilahan

Manfaat Kopi Untuk Wajah Dan Rambut – Toko Coffee Maker di Tembilahan


Manfaat Kopi Untuk Wajah Dan Rambut – Toko Coffee Maker di Tembilahan - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua pernah mengerti ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Wajah Dan Rambut – Toko Coffee Maker di Tembilahan


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan dalam web Manfaat Kopi Untuk Wajah Dan Rambut – Toko Coffee Maker di Tembilahan, mudah-mudahan bermakna.

0 comments