Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Pembuat Kopi di Pasar Kliwon, Surakarta

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Pembuat Kopi di Pasar Kliwon, Surakarta



Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Pembuat Kopi di Pasar Kliwon, Surakarta - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, daerah ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Pembuat Kopi di Pasar Kliwon, Surakarta


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling gamblang yakni taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di web Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Pembuat Kopi di Pasar Kliwon, Surakarta, semoga ada gunanya.

0 comments