Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Kios Mesin Coffee Maker di Cibiuk, Garut

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Kios Mesin Coffee Maker di Cibiuk, Garut


Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Kios Mesin Coffee Maker di Cibiuk, Garut - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari tipenya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengerti keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Kios Mesin Coffee Maker di Cibiuk, Garut


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan di halaman Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Kios Mesin Coffee Maker di Cibiuk, Garut, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments