Membuat Kopi Susu – Toko Online Pembuat Kopi Di Limpasu, Hulu Sungai Tengah

Membuat Kopi Susu – Toko Online Pembuat Kopi Di Limpasu, Hulu Sungai Tengah


Membuat Kopi Susu – Toko Online Pembuat Kopi Di Limpasu, Hulu Sungai Tengah - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu – Toko Online Pembuat Kopi Di Limpasu, Hulu Sungai Tengah


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di blog Membuat Kopi Susu – Toko Online Pembuat Kopi Di Limpasu, Hulu Sungai Tengah, mudah-mudahan bermakna.

0 comments