Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jawai, Sambas

Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jawai, Sambas


Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jawai, Sambas - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jawai, Sambas


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah di blog Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jawai, Sambas, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments