Membuat Lulur Kopi Sendiri – Kios Pembuat Kopi Di Way Tenong, Lampung Barat

Membuat Lulur Kopi Sendiri – Kios Pembuat Kopi Di Way Tenong, Lampung Barat


Membuat Lulur Kopi Sendiri – Kios Pembuat Kopi Di Way Tenong, Lampung Barat - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah paham ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Lulur Kopi Sendiri – Kios Pembuat Kopi Di Way Tenong, Lampung Barat


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam web Membuat Lulur Kopi Sendiri – Kios Pembuat Kopi Di Way Tenong, Lampung Barat, moga-moga bermanfaat.

0 comments