Meracik Kopi Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Sumba Timur

Meracik Kopi Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Sumba Timur


Meracik Kopi Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Sumba Timur - Biar semakin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Meracik Kopi Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Sumba Timur


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan dalam halaman Meracik Kopi Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Sumba Timur, mudah-mudahan bermakna.

0 comments