Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat


Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kalian semua telah mengetahui keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling menonjol yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi dalam web Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat, semoga berpengaruh.

0 comments