Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Jual Pembuat Kopi di Badas, Kediri

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Jual Pembuat Kopi di Badas, Kediri


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Jual Pembuat Kopi di Badas, Kediri - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah anda semua sudah tahu karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Jual Pembuat Kopi di Badas, Kediri


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi dalam website Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Jual Pembuat Kopi di Badas, Kediri, semoga ada gunanya.

0 comments