Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Kios Mesin Coffee Maker di Barabai, Hulu Sungai Tengah

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Kios Mesin Coffee Maker di Barabai, Hulu Sungai Tengah


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Kios Mesin Coffee Maker di Barabai, Hulu Sungai Tengah - Meski semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah tahu karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Kios Mesin Coffee Maker di Barabai, Hulu Sungai Tengah


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah di blog Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Kios Mesin Coffee Maker di Barabai, Hulu Sungai Tengah, semoga berpengaruh.

0 comments