Meracik Kopi Susu – Penjual Coffee Maker di Siak Kecil, Bengkalis

Meracik Kopi Susu – Penjual Coffee Maker di Siak Kecil, Bengkalis



Meracik Kopi Susu – Penjual Coffee Maker di Siak Kecil, Bengkalis - Meski kian ramai penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengerti keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Meracik Kopi Susu – Penjual Coffee Maker di Siak Kecil, Bengkalis


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan di website Meracik Kopi Susu – Penjual Coffee Maker di Siak Kecil, Bengkalis, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments