Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Pembuat Kopi di Pulau Morotai

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Pembuat Kopi di Pulau Morotai


Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Pembuat Kopi di Pulau Morotai - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Pembuat Kopi di Pulau Morotai


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama.

Adapun kekhasan paling mencolok yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel di website Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Pembuat Kopi di Pulau Morotai, moga-moga ada gunanya.

0 comments