Resep Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Pembuat Kopi di Majalaya, Karawang

Resep Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Pembuat Kopi di Majalaya, Karawang



Resep Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Pembuat Kopi di Majalaya, Karawang - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah tahu kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Pembuat Kopi di Majalaya, Karawang


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah dalam web Resep Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Pembuat Kopi di Majalaya, Karawang, semoga bermakna.

0 comments