Resep Meracik Kopi Enak – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Panekan, Magetan

Resep Meracik Kopi Enak – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Panekan, Magetan



Resep Meracik Kopi Enak – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Panekan, Magetan - Kendati kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai kelasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Resep Meracik Kopi Enak – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Panekan, Magetan


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling eksplisit yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam blog Resep Meracik Kopi Enak – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Panekan, Magetan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments