Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Barru

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Barru



Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Barru - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua pernah paham ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Barru


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di blog Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Barru, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments