Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Pembuat Kopi Di Kapas Madya

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Pembuat Kopi Di Kapas Madya



Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Pembuat Kopi Di Kapas Madya - Kendati kian ramai pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Pembuat Kopi Di Kapas Madya


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta kebal hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya jelas yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel dalam website Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Pembuat Kopi Di Kapas Madya, moga-moga berguna.

0 comments