Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Online Coffee Maker Di Tabang, Kutai Kartanegara

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Online Coffee Maker Di Tabang, Kutai Kartanegara



Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Online Coffee Maker Di Tabang, Kutai Kartanegara - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Online Coffee Maker Di Tabang, Kutai Kartanegara


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam blog Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Online Coffee Maker Di Tabang, Kutai Kartanegara, moga-moga bermakna.

0 comments