Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Baros, Sukabumi

Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Baros, Sukabumi


Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Baros, Sukabumi - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah tahu kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Baros, Sukabumi


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel dalam website Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Baros, Sukabumi, moga-moga bermakna.

0 comments