Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Toko Pembuat Kopi Di Larantuka

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Toko Pembuat Kopi Di Larantuka



Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Toko Pembuat Kopi Di Larantuka - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, area penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah tahu keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Toko Pembuat Kopi Di Larantuka


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi di website Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Toko Pembuat Kopi Di Larantuka, moga-moga bermanfaat.

0 comments