Cara Meracik Kopi Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Maybrat

Cara Meracik Kopi Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Maybrat



Cara Meracik Kopi Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Maybrat - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Maybrat


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di beragam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang adalah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan dalam blog Cara Meracik Kopi Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Maybrat, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments