Jenis Biji Kopi Arabika – Penjual Pembuat Kopi Di Asmat

Jenis Biji Kopi Arabika – Penjual Pembuat Kopi Di Asmat



Jenis Biji Kopi Arabika – Penjual Pembuat Kopi Di Asmat - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Arabika – Penjual Pembuat Kopi Di Asmat


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling kentara ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi informasi di halaman Jenis Biji Kopi Arabika – Penjual Pembuat Kopi Di Asmat, semoga bermakna.

0 comments